6 Kuliner Asik Jika Kamu Singgah ke Taman Kota Baturaja

Oleh : Funky Tri Doretta

Baturaja. Kalau kamu baru pertama kali mendengar nama kota ini, kota ini terletak sekitar 200 km sebelah selatan dari kota Palembang yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera-Selatan. Jika kamu menuju kota Palembang dari arah provinsi Lampung melewati jalur lintas tengah sumatera, maka kamu bisa singgah sejenak di kota kecil bersemboyan sebimbing sekundang ini.

Tepat di jantung kota Baturaja terdapat sebuah tempat bernama Taman Kota Baturaja. Bisa di katakan, taman kota ini adalah alun-alunnya kota Baturaja. Dulunya taman kota ini adalah stadion sepak bola yang diberi nama stadion Ahmad Yani. Pada Tahun 2009 lalu station Ahmad Yani ini direnovasi oleh pemerintah setempat menjadi sebuah taman publik yang bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas olah-raga, taman bermain anak-anak, juga tempat wisata kuliner. Taman kota Baturaja ini biasanya baru ramai menjelang senja hari, sekitar pukul 16 : 00 WIB sampai malam hari pukul 22:00 WIB. Diantara beragam aneka tempat unik yang bisa kalian kunjungi di taman kota Baturaja, kali ini saya akan memberi kamu bocoran info kuliner asik yang bisa kamu nikmati di taman kota Baturaja. Yuk, kita simak 🙂

  1. Es kacang merah yang manis, semanis mentari senja.

 whatistheretodocom

Es kacang merah via whatistheretodo.com

Es kacang merah ini kuliner yang paling dicari banyak orang di taman kota Baturaja. Kedai es kacang merah yang paling terkenal letaknya di sisi timur taman kota Baturaja persis di seberang Kantor Pos Baturaja. Kedai Es kacang merah ini sudah buka sejak taman kota di resmikan oleh pemerintah setempat dan kini sudah menjadi icon kuliner di taman kota Baturaja. Yang menjadi daya tarik disini adalah es kacang merah dengan sensasi rasa yang khas sehingga membuat kebanyakan orang tertarik untuk kembali menikmatinya lagi. Selain es kacang merah, para pengunjung juga bisa menikmati aneka sajian kuliner khas lainnya seperti empek-empek, lenggang juga martabak telor yang enak-enak. Harga 1 gelas besar es kacang di kedai ini dipatok dengan harga Rp. 10.000, sedangkan untuk empek-empek dan martabak bervariasi antara Rp.1500 sampai Rp.15.000. jika kamu ingin menikmati suasana senja di taman kota Baturaja sambil bersantai dan berdiskusi ringan dengan teman-temanmu, kedai es kacang ini adalah tempat yang sangat recommended.

  1. Mie tek-tek.

plus.google.com+musiguide

Mie tek-tek via plus.google.com/musiguide

Mie yang konon di promosikan oleh penjualnya dengan berkeliling kampung dan memukul-mukul pantat wajan ini banyak disajikan di sisi utara taman kota Baturaja persis di seberang roti bakar narsis saat ini. Uniknya, di taman kota ini para penjualnya tidak lagi berkeliling-keliling sambil memukul-mukul pantat wajan sehingga timbul bunyi tek-tek, melainkan mereka sudah duduk berjejer dibawah tenda masing-masing untuk melayani pembeli. Kamu bisa menikmati mie tek-tek ini dengan dua varian yaitu goreng dan kuah dengan tingkat kepedasan sesuai selera. Harga seporsi mie tek-tek baik goreng maupun kuah dibandrol Rp.7.000. Salah satu ciri khas mie tek-tek ini sama seperti mie tek-tek di daerah lainnya, sebanyak apapun pembeli yang mengantri, tungku mereka tetap 1, jadi disarankan cari pejual mie tek-tek yang sedang tidak ramai agar tidak lama mengantri. Jangan khawatir, soal rasa mereka memiliki keseragaman yang kesemuanya pasti enak-enak.

  1. Tekwan Ceker.

 tekwan

Tekwan via indahnurin.blogspot.com

Sebenarnya tekwan adalah hidangan sup khas Sumatera-Selatan yang terbuat dari ikan dan sagu yang dibentuk kecil-kecil, dan disajikan dengan menggunakan kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya pelengkap tekwan adalah bihun, irisan bengkoang dan jamur, serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Nah di taman kota Baturaja, kamu bisa menikmati makanan tekwan ini dengan tambahan ceker ayam yang sudah direbus bersama kuah tekwan. Ceker ayam inilah yang membedakan tekwan taman kota Baturaja dengan tekwan-tekwan di daerah lain di Sumatera-Selatan. Renyahnya tulang ceker ayam memberikan sensasi rasa tersendiri saat dimakan dan berpadu dengan kuah udang dan sagu ikannya, lebih nikmat lagi apabila ditambahkan beberapa sendok teh sambal hijau dan kecap. Seporsi tekwan ceker di taman kota baturaja dijual dengan harga rata-rata Rp.6000 sampai Rp.7000. Kedai tekwan ceker bisa di temui di sisi utara taman kota sebelah barat sebelum penjual mie tek-tek diatas. Tekwan ceker ini sangat direkomendasikan bagi kamu penggemar makanan asin dan pedas. Silahkan dicoba.

  4. Sego Kucing. Makan di sumatera, berasa di jawa.

 AngkringanSego kucing via kaskus.co.id

Kalau tempat makan seperti angkringan pasti sudah tahu, tenda dengan ciri khas nasi kucing dan 3 ceretnya. Di taman kota Baturaja juga terdapat angkringan, bahkan angkringan ini adalah satu-satunya angkringan yang terdapat di kota Baturaja. Bisa ditemui di sisi timur taman kota, diseberang gedung DPRD Baturaja sebelum kedai es kacang diatas tadi. Seperti kedai angkringan pada umumnya di Jogja, Solo atau Semarang, disini juga disediakan beraneka makanan khas seperti sate telur puyuh, sate usus, tempe bacem, ayam bacem atau minuman seperti teh jahe atau bandrek dengan harga khas angkringan yang sangat bersahabat dengan kantong. Bagi kamu yang berasal dari tanah jawa, bisa mampir ke kedai angkringan taman kota Baturaja untuk mengobati kerinduan pada makanan dan suasana khas jawa ini.

  1. Bakso Bakar yang membakar selera.

 bakso bakarBakso bakar via israilrahmatullah.wordpress.com

Lazimnya bakso disajikan dengan mie dan kuah yang khas, namun belakangan ini berkembang kreasi baru bakso dengan menyajikan makanan daging berbentuk bola ini dengan cara dibakar mirip sate dengan diberi bumbu kecap dan sambal. Di taman kota Baturaja para penjual bakso bakar ini cukup menjamur, tetapi gerobak bakso bakar yang paling ramai di kunjungi ada di sisi barat taman kota, tepat di depan rumah sakit Ibnu Sutowo Baturaja. Di gerobak bakso bakar ini kalian bisa memesan bakso bakar dengan tingkat kepedasan sesuai dengan selera kalian masing-masing dan harga yang sangat murah, hanya Rp.2000 per tusuk dengan isi 4 bakso. Wow, luar biasa murah bukan? Ingin mencoba sensasi makan bakso yang berbeda? Silahkan dicoba .

  1. Pancake & Spagetty. Makanan barat harga merakyat.

 IMG00746-20110821-1323Pancake cokelat keju via funkytridoretta.wordpress.com

Bagi kalian penggemar makanan modern, jangan khawatir. Di taman kota Baturaja, terdapat sebuah kedai kopi bernama Starbook Coffee yang terletak di sisi barat taman kota Baturaja, persis diseberang gerobak bakso bakar diatas. Di Starbook Coffee ini kamu bisa menikmati makanan modern seperti pancake dan spagetty, juga minuman seperti milkshake dan soda. Semua makanan dan minuman berkelas tersebut tetap dijual dengan harga pinggir jalan yang relative murah dan terjangkau, berkisar antara 8 ribu sampai 12 ribu rupiah saja per porsinya untuk makanan dan minuman. Yang lebih unik di kedai kopi Starbook Coffee ini , para pengunjung bisa menikmati buku-buku yang bisa dibaca secara gratis sembari makan, minum atau diskusi. Bagi kamu penggemar buku, melewati senja di kedai kopi ini pasti sangat menyenangkan.

Itulah beberapa tempat destinasi kuliner asik di taman kota Baturaja yang berhasil saya himpun yang bisa kalian kunjungi apabila kalian mampir ke kota Baturaja. Tidak perlu menyiapkan uang yang banyak, cukup siapkan perut yang kosong untuk mencobai semua kuliner yang nikmat-nikmat tersebut. Apabila kamu punya rekomendasi tempat kuliner yang asik lainnya di seputaran taman kota Baturaja, yuk dibagi infonya kepada pembaca  lainnya melalui kolom kementar.

***

 *Repost tulisan 2 tahun lalu, saat belajar menulis artikel.

Iklan

Tentang Funky Tri Doretta

Simple Ordinary Boy
Pos ini dipublikasikan di Catatan Pendek dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s